Majapahit Blog PENEMUAN PRASASTI MAJAPAHIT DI BLITAR | Majapahit 1478 PENEMUAN PRASASTI MAJAPAHIT DI BLITAR
Headlines News :
Home » » PENEMUAN PRASASTI MAJAPAHIT DI BLITAR

PENEMUAN PRASASTI MAJAPAHIT DI BLITAR

BLITAR, RIMANEWS - Warga Desa Modangan, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar, Jawa Timur, dikejutkan dengan temuan batu yang diduga prasasti kuno peninggalan kerajaan Majapahit.

Informasi yang dihimpun, Rabu, batu itu ditemukan oleh dua warga yaitu Sapuan (45) dan Mupit (50). Keduanya saat itu sedang menggali tanah untuk keperluan "septic tank" di samping rumah Mupit.

Di kedalaman tiga meter, cangkul yang dibuat untuk menggali jamban itu oleh Sapuan tiba-tiba mengenai benda keras. Setelah dilihat, ternyata benda keras itu berupa batu, mirip seperti arca dan ada tulisan prasastinya (Jawa kuno).

Sapuan, ditemui di rumahnya mengaku, terkejut dengan temuan benda yang diduga bersejarah itu. Ia tidak menyangka, di tempat yang akan digunakan sebagai lokasi buang hajat itu ada prasasti.

"Kaget saja menemukan ada benda bersejarah seperti itu. Tiba-tiba cangkul langsung membentur benda keras, dan benda itu ditemukan," ucapnya, masih tidak percaya.

Penemuan itu sontak membuat warga di sekitar rumah Mupit berkerumum. Mereka ingin melihat langsung temuan benda yang diduga peninggalan zaman Majapahit itu.

Mupit, pemilik rumah mengatakan, di Kecamatan Nglegok memang banyak ditemukan benda bersejarah. Walaupun begitu, ia tetap mengaku terkejut dengan penemuan batu itu di halaman rumahnya.

Benda itu kini disimpan rapi di dalam rumah. Ia sudah melaporkan temuan itu ke pemerintah daerah dan kepolisian. Ia juga khawatir, hal itu memicu pencurian, karena benda itu dinilai berharga.

Sementara itu, Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Kabupaten Blitar, Wiyakto mengaku, sudah mendengar kabar tentang penemuan prasasti tersebut. Pihaknya berencana mengundang tim BP3 Trowulan, Mojokerto untuk meneliti benda tersebut.

"Kami sudah agendakan untuk mengundang tim BP3 Trowulan untuk kejelasan benda tersebut. Jika benar peninggalan zaman Majapahit, harus diamankan," kata Wiyakto.[mam/antara]

Sumber : http://rimanews.com/read/20110420/24591/warga-blitar-dikejutkan-penemuan-prasasti-majapahit-yang-bertuliskan-jawa-kuno

Share this article :

Copy Rights : Jerry Wong ~ Majapahit 1478 | Majapahit Blog

Majapahit 1478 Sobat sedang membaca artikel tentang PENEMUAN PRASASTI MAJAPAHIT DI BLITAR. Oleh Admin Blog, Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini sepanjang hal tersebut memang berguna, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya

:: Get this widget ! ::

5 komentar:

  1. Apakah ini pertanda kemunculan Majapahit ?

    BalasHapus
  2. Satu lagi temuan berharga yang membuktikan bahwa Majapahit memang kerajaan besar

    BalasHapus
  3. Satu lagi sumber referensi tentang kerajaan Majapahit .... bravo

    BalasHapus
  4. Sumber sejarah Majapahit ....

    BalasHapus
  5. Prasasti adalah tonggak sejarah,yang mencatat semua budaya yang ada ditanah air ini,semoga dengan penemuan prasasti kali ini bisa membuka rahasia-rahasia sejarah yang terpendham dimasa lalu

    BalasHapus

Silahkan anda meninggalkan komentar demi kemajuan dan perkembangan blog ini, mohon jangan melakukan spam ..... (pasti akan terhapus secara otomatis)

Komentar

 
Support : Cara Gampang Blog | Majapahit Blog
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2013. MAJAPAHIT 1478 - All Rights Reserved
Majapahit 1478
Original Design by Creating Website Last Modified by : Johan Purnomo