Breaking News
Loading...

MAJAPAHIT, SANG PANCA WILWATIKTA

Majapahit 1478Majapahit dengan sumber sejarahnya yang berupa kitab Negarakertagama  di dalam pupuh X/1 menguraikan bahwa Sang Panca Wilwatikta mempunyai hubungan yang rapat dengan Istana (Majapahit). Dalam pupuh itu dijelaskan pula bahwa yang dimaksud dengan Sang Panca Wilwatikta adalah lima orang pembesar dalam pemerintahan Majapahit  adalah Patih, Demung, Kanuruhan, Rangga dan Tumenggung. Kelima pembesar tersebut diserahi pelaksanaan pemerintahan Majapahit, menjadi pembantu utama Sang Prabu dalam urusan pemerintahan.

Diantara lima pembesar tersebut Patih adalah merupakan jabatan yang tertinggi, Negarakertagama pupuh X/2 menyebutnya amatya ring sanagara yang artinya patih seluruh negara. Sebutan ini hanya diperuntukkan bagi Patih Majapahit untuk membedakannya dengan patih-patih di negara bawahan, seperti Daha, Kahuripan, Wngker, Matahun dan sebagainya.

Dalam pupuh tersebut juga disinggung bahwa patih negara bawahan dan para pembesar lainnya seperti Demung berkumpul di Kepatihan Majapahit yang dipimpin oleh Maha Patih Gajah Mada, jadi dengan demikian seluk beluk pemerintahan seluruh negara Majapahit ditentukan oleh Maha Patih Majapahit. Para patih dan pembesar negara bawahan menerima perintah dari Patih Majapahit dan memberikan laporan tentang keadaan negara-negara bawahan kepada sang patih. Demikianlah patih negara bawahan biasa disebut dengan patih saja, ia melaksanakan pemerintahan di negara bawahan, sedangkan patih seluruh negara memberikan perintah dan arahan tentang bagaimana menjalankan pemerintahan di negara bawahan atau di daerah. Dalam kitab Pararaton, patih seluruh negara itu disebut dengan istilah Patih Amangkubhumi, istilah ini tidak terdapat di dalam Negarakertagama.

Read more: DI SINI

16 komentar:

  1. Tambahan wawasan untuk mengurai sejarah Majapahit

    BalasHapus
  2. Apa benar usia kerajaan Majapahit hanya 185 tahun saja ?

    BalasHapus
  3. Artikel mantap untuk tambahan wawasan

    BalasHapus
  4. Info baru untuk tambah-tambah pengetahuan

    BalasHapus
  5. Sang Panca Wilwatikta..., jumlahnya sama dengan sila-sila Pancasila ....

    BalasHapus
  6. follow saya sukses di no.18. follow back y

    BalasHapus
  7. Kunjungan dan Follow. Blog Bandung http://bandung.blogspot.com

    BalasHapus
  8. can we follow each other?

    http;//dreamfit.blogspot.com

    BalasHapus
  9. Pengendali pemarintahan di jaman Majapahit

    BalasHapus
  10. mas... makasih..., salam kenal ya... wisss keren keren ceritanya... ntar boleh ngopi ya mas, buat materi....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan anda mengcopynya sepanjang hal tersebut memang berguna, dan dapat mengembalikan sejarah Kerajaan Majapahit seperti yang sesungguhnya

      Hapus
  11. Jadi tahu bahwa pada jaman Majapahit ada lima pembesar utama kerajaan yang disebut dengan Sang Panca ring Wilwatikta. Mantap, uraian yang cukup dapat membuka wawasan kita tentang kerajaan Majapahit. Salam.

    BalasHapus
  12. blog seperti ini wajib dibaca anak bangsa. kita harus tahu sejarah para leluhur. suksesss buat yg bikin blog

    BalasHapus
  13. Kerenn...Sejarah emang penuh misteri..Thanks sudah share ilmu..

    BalasHapus
  14. Bermanfaat banget tulisannya...Thanks Udah Share tulisan ini...

    BalasHapus
  15. bagus sekali " Mohon lebih kedalam lagi untuk penjleantrehan Misteri Di Tanah Jawa Ini DI TANAH YANG SUCI INI

    BalasHapus

Silahkan anda meninggalkan komentar demi kemajuan dan perkembangan blog ini, mohon jangan melakukan spam ..... (pasti akan terhapus secara otomatis)

 
Toggle Footer