Majapahit Blog SILSILAH RAJA-RAJA MAJAPAHIT | Majapahit 1478 SILSILAH RAJA-RAJA MAJAPAHIT
Headlines News :
Home » » SILSILAH RAJA-RAJA MAJAPAHIT

SILSILAH RAJA-RAJA MAJAPAHIT

Kerajaan Majapahit atau Wilwatikta didirikan pada tahun 1293 M oleh Nararya Sanggramawijaya atau yang lebih dikenal dengan nama Raden Wijaya. Beliau adalah kemenakan sekaligus menantu raja Singhasari terakhir Kertanegara. Wijaya adalah putera dari Dyah Lembu Tal dan cucu Narasinghamurti, dan secara geneologis masih keturunan langsung dari Ken Angrok.

Berikut adalah silsilah raja-raja Singhasari - Majapahit (awal) :

Majapahit 1478
Silsilah raja-raja Singhasari - Majapahit awal

Berikut ini adalah silsilah raja-raja Majapahit lengkap :

Majapahit 1478
Silsilah raja-raja Majapahit


Untuk lebih mendetil tentang silsilah raja-raja Majapahit ini silahkan anda baca Majapahit Wilwatikta

Share this article :

Copy Rights : Jerry Wong ~ Majapahit 1478 | Majapahit Blog

Majapahit 1478 Sobat sedang membaca artikel tentang SILSILAH RAJA-RAJA MAJAPAHIT. Oleh Admin Blog, Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini sepanjang hal tersebut memang berguna, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya

:: Get this widget ! ::

22 komentar:

  1. Berarti Sanggramawijaya alias Raden Wijaya tidak berasal dari Sunda ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya,di buku ada yg menyebut ayahnya rakryan jayadarma,putra raja sunda galuh,prabu guru darmasiksa.ibunya dyah lembu tal, putri dr mahesa campaka,bangsawan singosari,keturunan yang mulia ken arok,pendiri kerajaan singosari.jadi r. Wijaya harusnya raja ke 27 sunda galuh,jika saja ayahnya tidak diracun orang.

      Hapus
    2. Dalam artikel yang lain telah saya jelaskan bahwa Sanggaramawijaya (R. Wijaya) adalah Putera dari Dyah Lembu Tal, cucu Narasinghamurti seorang bangsawan dari Kerajaan Singhasari, jadi tidak ada hubungan dengan Sunda Galuh. Kenyataan ini pun ada tertulis dalam sebuah prasasti.

      Hapus
  2. Bhre Wijaya sebagai raja pertama Majapahit memang tidak berasal dari Sunda

    BalasHapus
  3. apakah silsilah kerajaan majapahit bisa dirunut sampai saat ini? saya penasaran siapakah keturunan raden wijaya, gajah mada yang masih ada dan tinggal dimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gajah Mada pulang ke kampung halamannya yang tak seorang pun tahu kecuali keturunannya.

      Hapus
  4. sbenarx yg berhak menjadi Maha Patih Magkubumi adalah RONGGOLAWE bukanlah Nambi karena Lawe yag bnyak Berjasa terhdap majapaht

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pemilihan seorang Patih Hamangkubhumi ditentukan dari berbagai faktor, bukan hanya siapa yang paling berjasa. Faktor ke-negarawan-an menjadi lebih penting.

      Hapus
  5. Selamat siang,untuk masalah keturunan r. Wijaya,ini masih ada,seperti gus dur,dr silsilahnya terdapat pangeran benowo,putra joko tingkir/sultan hadiwijoyo,beliau menikahi putri sultan trenggono,yg merupakan anak/cucu raden patah,putra brawijaya 5 dari istri dr campa...nah kalo diurut ke atas maka brawijaya 5 adalah keturunan dr raden wijaya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Awas jangan keliru mas bro, R. Wijaya tidak memiliki anak laki-laki, Jayanegara pun keturunan beliau dari selir dan Jayanegara sampai meninggalnya belum pernah menikah, jadi tidak memiliki keturunan. Maka putuslah keturunan atau penerus R. Wijaya.
      Kalau dikatakan Gus Dur keturunan dari R. Wijaya apa nggak salah ? R. Wijaya hanya memiliki 2 orang anak perempuan.

      Hapus
  6. bagaimana jika sekarang masih ada keturunan titisan darah biru...
    dan dia tidak mengetahui darimna asal.a nenek moyang

    jawab ya mas

    masih binggung banyak pertanyaan ttg kerajaan soal.a

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf saya belum mengerti pertanyaan anda, tolong diperjelas. Salam.

      Hapus
    2. Di tempat nenek saya ada silailah keluarga yang awalnya dari majapahit.. Tapi bahasa jawa kuno yang bisa ngartikan juga eyang buyut saya yang masihnada, disitu silsilahnya di isi oleh nama anak pertama dari silsilah keluarga.. Kalo diterusin kira2 angkatan saya itu keturunan ke 21 kalo nggak 22 dari jaman brawijaya 4

      Hapus
    3. Tolong anda jelaskan yang anda maksud dengan Brawijaya 4 itu siapa ? Memerintah pada rentang tahun berapa ? Salam.

      Hapus
  7. Ntar aku tanya eyang saya lagi, berhubung silsilah itu di jogja dan saya di sumatra, orang2 jogja lama yang masih ada garis keturunan raja2 pasti punya silsilah keluarga... Jadi itu ceritanya dilanjutkan turun temurun, terus pendataanya diperbaharui di kraton jogja.. Kalo ga salah begitu..
    Kalo nggak salah di silsilah paling pucuknya itu kalo diartikan itu raja brawijaya, tapi pake nama gelar yang cukup panjang.. Aku sih nangkepnya hampir kaya orang njelasin kanjeng gusti lalalala ingkang merajai daerah lalala.. Ntar aku cek lagi kalo mudik ke rumah eyang.. ^^
    Soalnya aku pun nggak banyak tau per Majapahitan.. Karena kata eyang ada darah majapahit jadi curious juga.. Btw artikelnya keren..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau silsilah yang dikeluarkan oleh Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat itu pada bagian pucuknya hanya tertulis "Sri Sultan Hamengkubuwono ke ...." (dalam versi bahasa Indonesia). Saya bisa pastikan dan jelaskan hal ini karena "saya juga pegang" silsilah tersebut. Jadi tidak ada keterangan tentang "Raja Majapahit" pada bagian atasnya ....
      Rahayu.

      Hapus
  8. Salam, aku butuh info keturunan Brawijaya V sampe generasi abad 18an pak

    BalasHapus
  9. artikelnya ok. karena saya sangat suka sejarah terutama kerajaan - kerajaan indonesia maupun dunia, dan saya mau tanya jikalau mas jery punya silsilah kerajaan majapahit sampai sekarang, apakah raden wijaya itu ada hubungannya dengan sunan maulana malik ibrahim, dikarenakan saya pernah lihat silsilah tersebut bahwa di keturunan sunan maulana malik ibrahim ada nama raden wijaya dan setahu saya sunan maulana malik ibrahim dari negeri arab. pertanyaannya bisa tidak saya lihat silsilah lengkap sunan maulana malik ibrahim & raden wijaya sampai keturunannya di tahun 2013

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam agan2 semua ada ga yg punya cerita/apa saja yg berkaitan patih ronggolawe,sebab menurut mbah2 sy,katanya masih ada keturunan ronggolawe,la wang bajunya dan pusakanya semua masih ada disimpan mbah di lamongan,mohon informasinya

      Hapus
  10. Makanya orang sunda itu ngaco alias kurang ajar,bilang raden wijaya adalah keturunan sunda,begitu pula patih gajah mada sebenarnya rangga gading,emang ngawor kok kerajaan sunda itu

    BalasHapus
  11. Ngawur itu kerajaan sunda ngaku2 raden wijaya keturunan kerajaan sunda, begitu pula gajah mada adalah rangga gading.ngawur itu

    BalasHapus

Silahkan anda meninggalkan komentar demi kemajuan dan perkembangan blog ini, mohon jangan melakukan spam ..... (pasti akan terhapus secara otomatis)

Komentar

 
Support : Cara Gampang Blog | Majapahit Blog
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2013. MAJAPAHIT 1478 - All Rights Reserved
Majapahit 1478
Original Design by Creating Website Last Modified by : Johan Purnomo