Breaking News
Loading...

SILSILAH RAJA-RAJA MAJAPAHIT

Kerajaan Majapahit atau Wilwatikta didirikan pada tahun 1293 M oleh Nararya Sanggramawijaya atau yang lebih dikenal dengan nama Raden Wijaya. Beliau adalah kemenakan sekaligus menantu raja Singhasari terakhir Kertanegara. Wijaya adalah putera dari Dyah Lembu Tal dan cucu Narasinghamurti, dan secara geneologis masih keturunan langsung dari Ken Angrok.

Berikut adalah silsilah raja-raja Singhasari - Majapahit (awal) :

Majapahit 1478
Silsilah raja-raja Singhasari - Majapahit awal

Berikut ini adalah silsilah raja-raja Majapahit lengkap :

Majapahit 1478
Silsilah raja-raja Majapahit


Untuk lebih mendetil tentang silsilah raja-raja Majapahit ini silahkan anda baca Majapahit Wilwatikta

39 komentar:

  1. Berarti Sanggramawijaya alias Raden Wijaya tidak berasal dari Sunda ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya,di buku ada yg menyebut ayahnya rakryan jayadarma,putra raja sunda galuh,prabu guru darmasiksa.ibunya dyah lembu tal, putri dr mahesa campaka,bangsawan singosari,keturunan yang mulia ken arok,pendiri kerajaan singosari.jadi r. Wijaya harusnya raja ke 27 sunda galuh,jika saja ayahnya tidak diracun orang.

      Hapus
    2. Dalam artikel yang lain telah saya jelaskan bahwa Sanggaramawijaya (R. Wijaya) adalah Putera dari Dyah Lembu Tal, cucu Narasinghamurti seorang bangsawan dari Kerajaan Singhasari, jadi tidak ada hubungan dengan Sunda Galuh. Kenyataan ini pun ada tertulis dalam sebuah prasasti.

      Hapus
  2. Bhre Wijaya sebagai raja pertama Majapahit memang tidak berasal dari Sunda

    BalasHapus
  3. apakah silsilah kerajaan majapahit bisa dirunut sampai saat ini? saya penasaran siapakah keturunan raden wijaya, gajah mada yang masih ada dan tinggal dimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gajah Mada pulang ke kampung halamannya yang tak seorang pun tahu kecuali keturunannya.

      Hapus
    2. yg pasti para keturunan dari majapahit masih ada mas...
      ajaran masih ada, dan harus di jalani.

      Hapus
  4. sbenarx yg berhak menjadi Maha Patih Magkubumi adalah RONGGOLAWE bukanlah Nambi karena Lawe yag bnyak Berjasa terhdap majapaht

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pemilihan seorang Patih Hamangkubhumi ditentukan dari berbagai faktor, bukan hanya siapa yang paling berjasa. Faktor ke-negarawan-an menjadi lebih penting.

      Hapus
    2. cobak sebutkan beberapa faktornya, ronggolawe lebih unggul dari pada nambi.

      Hapus
  5. Selamat siang,untuk masalah keturunan r. Wijaya,ini masih ada,seperti gus dur,dr silsilahnya terdapat pangeran benowo,putra joko tingkir/sultan hadiwijoyo,beliau menikahi putri sultan trenggono,yg merupakan anak/cucu raden patah,putra brawijaya 5 dari istri dr campa...nah kalo diurut ke atas maka brawijaya 5 adalah keturunan dr raden wijaya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Awas jangan keliru mas bro, R. Wijaya tidak memiliki anak laki-laki, Jayanegara pun keturunan beliau dari selir dan Jayanegara sampai meninggalnya belum pernah menikah, jadi tidak memiliki keturunan. Maka putuslah keturunan atau penerus R. Wijaya.
      Kalau dikatakan Gus Dur keturunan dari R. Wijaya apa nggak salah ? R. Wijaya hanya memiliki 2 orang anak perempuan.

      Hapus
  6. bagaimana jika sekarang masih ada keturunan titisan darah biru...
    dan dia tidak mengetahui darimna asal.a nenek moyang

    jawab ya mas

    masih binggung banyak pertanyaan ttg kerajaan soal.a

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf saya belum mengerti pertanyaan anda, tolong diperjelas. Salam.

      Hapus
    2. Di tempat nenek saya ada silailah keluarga yang awalnya dari majapahit.. Tapi bahasa jawa kuno yang bisa ngartikan juga eyang buyut saya yang masihnada, disitu silsilahnya di isi oleh nama anak pertama dari silsilah keluarga.. Kalo diterusin kira2 angkatan saya itu keturunan ke 21 kalo nggak 22 dari jaman brawijaya 4

      Hapus
    3. Tolong anda jelaskan yang anda maksud dengan Brawijaya 4 itu siapa ? Memerintah pada rentang tahun berapa ? Salam.

      Hapus
  7. Ntar aku tanya eyang saya lagi, berhubung silsilah itu di jogja dan saya di sumatra, orang2 jogja lama yang masih ada garis keturunan raja2 pasti punya silsilah keluarga... Jadi itu ceritanya dilanjutkan turun temurun, terus pendataanya diperbaharui di kraton jogja.. Kalo ga salah begitu..
    Kalo nggak salah di silsilah paling pucuknya itu kalo diartikan itu raja brawijaya, tapi pake nama gelar yang cukup panjang.. Aku sih nangkepnya hampir kaya orang njelasin kanjeng gusti lalalala ingkang merajai daerah lalala.. Ntar aku cek lagi kalo mudik ke rumah eyang.. ^^
    Soalnya aku pun nggak banyak tau per Majapahitan.. Karena kata eyang ada darah majapahit jadi curious juga.. Btw artikelnya keren..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau silsilah yang dikeluarkan oleh Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat itu pada bagian pucuknya hanya tertulis "Sri Sultan Hamengkubuwono ke ...." (dalam versi bahasa Indonesia). Saya bisa pastikan dan jelaskan hal ini karena "saya juga pegang" silsilah tersebut. Jadi tidak ada keterangan tentang "Raja Majapahit" pada bagian atasnya ....
      Rahayu.

      Hapus
    2. kemaren dr makan keluarga disragen lanjut ke makam kakek di ngawi. dipemakamam kakek ngawi (dikaki gunung) ada silsilah keluarga saya mulai dr raja brawijaya. trah saya dari istri ke 4. saya orang jogja. apa kita masih saudara ya mas? tp di dalam silsilah tersebut hanya menggunakan nama nama tanpa gelar

      Hapus
  8. Salam, aku butuh info keturunan Brawijaya V sampe generasi abad 18an pak

    BalasHapus
  9. artikelnya ok. karena saya sangat suka sejarah terutama kerajaan - kerajaan indonesia maupun dunia, dan saya mau tanya jikalau mas jery punya silsilah kerajaan majapahit sampai sekarang, apakah raden wijaya itu ada hubungannya dengan sunan maulana malik ibrahim, dikarenakan saya pernah lihat silsilah tersebut bahwa di keturunan sunan maulana malik ibrahim ada nama raden wijaya dan setahu saya sunan maulana malik ibrahim dari negeri arab. pertanyaannya bisa tidak saya lihat silsilah lengkap sunan maulana malik ibrahim & raden wijaya sampai keturunannya di tahun 2013

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam agan2 semua ada ga yg punya cerita/apa saja yg berkaitan patih ronggolawe,sebab menurut mbah2 sy,katanya masih ada keturunan ronggolawe,la wang bajunya dan pusakanya semua masih ada disimpan mbah di lamongan,mohon informasinya

      Hapus
  10. Makanya orang sunda itu ngaco alias kurang ajar,bilang raden wijaya adalah keturunan sunda,begitu pula patih gajah mada sebenarnya rangga gading,emang ngawor kok kerajaan sunda itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan sok tau ... kurang ajar itu artinya akhlaknya kurang beradab. ga usah jelek"an orang sunda ,, disini bisa keliatan siapa yg kurang ajar ,, sopanlah dlm bertutur

      Hapus
    2. Bapak ini tampaknya korban pembelokan sejarah Bubat juga :D

      Orang Sunda punya dasar sendiri, yaitu "Carita Parahyangan", naskah ini merupakan peninggalan abad-16, naskahnya ada di koleksi Museum Nasional Indonesia Jakarta dengan nomor register Kropak 406. Naskah ini terdiri dari 47 lembar daun lontar ukuran 21 x 3 cm, yang dalam tiap lembarna diisi tulisan 4 baris. Aksara yang digunakan dalam penulisan naskah ini adalah aksara Sunda (Ha Na Ca Ra Ka).

      Di dalam kitab Carita Parahyangan disebutkan bahwa di kerajaan Galuh (Ciamis) waktu itu memerintah seorang raja bernama Sanjaya. Tokoh itu dikenal juga dalam prasasti Canggal dari Jawa Tengah. Dalam kitab Carita Parahyangan disebutkan bahwa Raja Sanjaya menggantikan raja Sena yang berkuasa di Kerajaan Galuh. Kekuasaan raja Sena kemudian direbut oleh Rahyang Purbasora, Saudara seibu raja Sena. Sena sendiri menyingkir ke gunung Merapi bersama keluarganya. Setelah dewasa, Sanjaya berkuasa di Jawa Tengah. Ia berhasil merebut kembali kerajaan Galuh dari tangan Purbasora. Kerajaan kemudian berganti nama menjadi kerajaan Sunda. Diceritakan dalam Carita Parahiyangan, Raja Sanjaya ini banyak menaklukkan kerajaan-kerajaan sekitar yaitu Mananggul, Kahuripan, Kadul, Balitar, yang dilanjut perang dengan Malayu, Kemir, Keling, Barus, dan Cina. Setelah berkuasa selama 9 tahun, ia menyerahkan kekuasaannya di Sunda (Galuh) kepada Rakean Tamperan atau Rakean Panaraban, puteranya. Sanjaya yang menikahi Sudiwara lebih memilih berkuasa di Mataram, Jawa Tengah, yang mana dari Sanjaya-lah diturunkan raja-raja Mataram, Kediri dan Majapahit. Jadi, bisa dikatakan Rakean Jambri atau Rahiang Sanjaya sebagai bapak dari Raja-raja di Sunda dan Jawa.

      Inilah yang menjadi dasar kenapa R. Wijaya bisa dikatakan merupakan keturunan Sunda-Galuh. Kisah Bubat juga diceritakan dalam naskah ini. Untuk lebih jelasnya monggo di cek ke Musieum...

      Tapi kalau menurut saya kelemahan Carita Parahyangan ini adalah :
      1. Naskah ini sampai saat ini tidak diketahui siapa penulisnya, seperti halnya Kitab Pararaton yang mengatakan Ken Arok adalah Bapak dari Raja-Raja Majapahit. Jadi antara isi Kitab Pararaton & Carita Parahyangan sangat bertentangan isinya dan dua-duanya masih sedikit diragukan ke otentikan nya terutama mengenai asal-usul.
      2. Carita Parahyangan hanya di dukung oleh 2 prasasti yaitu Prasasti Batu Tulis (Bogor) dan Prasasti Canggal (Magelang)

      Nah mudah-mudahan admin punya bahan tambahan dari masukan saya ini, supaya bisa meneliti lebih lanjut antara Pararaton & Carita Parahyangan...

      Hapus
  11. Ngawur itu kerajaan sunda ngaku2 raden wijaya keturunan kerajaan sunda, begitu pula gajah mada adalah rangga gading.ngawur itu

    BalasHapus
  12. ya semua ada maksud untuk apa kita mengenal sejarah.

    BalasHapus
  13. Kalau silsilah Brawijaya dengan Mahendradatta mana yang lebih agung bagi kalangan Semeton Majapahit,

    BalasHapus
  14. Dyah Lembu Tal itu laki-laki atau perempuan sih..? Lalu siapa istri / suaminya?

    BalasHapus
  15. Permisi mau nanya ajah, brwijaya4 itu kan hayam wuruk kan..
    Boleh tau jarak umur hayam wuruk 4 ama anaknya raden patah gak??
    Putri cempu juga yg mana yaa namanya dr silsilah itu

    BalasHapus
  16. Ga usah repot2.. Berkunjung kerumah sy.. Krn sy msh keturunanya Asli tulen..bercerita tentang majapahit 7 hr blm tentu selesai.. Siapa yg mau berkunjung di tmpt sy silahkn brtnya tentang majaphit.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kamu itu keturunan suro gentho

      Hapus
  17. Fakta Majapahit, Gajah Mada dan Islam


    Penjajah berkepentingan untuk mengubur Islam sebagai akar budaya nasional dan menggantinya dengan Hindu (atau selain Islam). Sehingga dilakukan berbagai usaha seperti penyimpangan sejarah dan mengangkat budaya dan tradisi hinduisme sebagai akar budaya nasional, misalnya membongkar kembali borobudur dan prambanan yg sudah hancur dan terkubur dll.

    Kepentingan kolonialisme sebagaimana kita mafhum adalah penyebaran ajaran Kiristen (Gospel) serta motivasi balas dendam atas kekalahan Kristen dalam perang Sabil (salib). Sehingga apapun yang berbau Islam dimusnahkan.

    Demikian pula, Majapahit dan hinduisme diangkat terus serta dipaksakan dalam penulisan sejarah sebagai cikal bakal dan nenek moyang bangsa. Padahal tidak demikian.

    Oleh karena itu, cobalah tanyakan kepada anak2 kita sekarang, apakaha meraka mengenal Raden Fatah, Raja Muslim pertama di Tanah Jawa. Raden Patah adalah putra Raja Majapahit, sekaligus santri dari Sunan Ampel. Tanyakan kepada para Siswa di Sekolah2 Islam, apakah mereka mengenal dan mengagumi Sultan Agung yang mengirimkan tentaranya dari Yogyakarta ke Jakarta untuk mengusir penjajah Portugis?

    BalasHapus
    Balasan
    1. majapahit raja kerajaan hindu mas. brawijaya raja terakhir. masuk islam karena istrinya yg keturuan china. pertama dia minta didirikan padepokan seperti padepokan untuk para brahamana. dr situ islam tersebar. anak putri campa juga menjadi islam. karena putri campa diberikan kepada muslim oleh brawijaya atas permintaan putri cina. sangat politis

      Hapus
  18. Penulis Buku Darmogandhul

    Mungkin di antara karya-karya sastra kuno berbahasa Jawa, kitab Darmogandhul adalah salah satu sastra Jawa yang sangat kontroversial. Selain isinya banyak memutarbalikkan ajaran agama tertentu, juga kitab ini sarat dengan sejumlah keganjilan-keganjilan sejarah sebenarnya.


    Walaupun menggunakan latar belakang kisah runtuhnya Majapahit dan berdirinya kerajaan Demak Bintara, namun kisah Darmogandhul mencuatkan hal-hal yang tidak masuk akal pada zamannya. Hal ini didapati pada untaian kisah berikut:

    … wadya Majapahit ambedili, dene wadya Giri pada pating jengkelang ora kelar nadhahi tibaning mimis, …


    Maksudnya: Pasukan Majapahit menembak dengan senapan, sedangkan pasukan Giri berguguran akibat tidak kuat menerima timah panas.

    Apakah zaman itu sudah digunakan senjata api dalam berperang? Hal tersebut tidak mungkin sebab senjata api baru dikenal sejak kedatangan bangsa Eropa ke bumi Nusantara.

    Darmogandhul ditulis setelah kedatangan bangsa Eropa, bukan pada saat peralihan kekuasaan dari Majapahit ke Demak Bintara.

    Lalu siapakah sebenarnya penulis kitab ini? Sampai saat ini belum ada yang bisa menunjukkan secara pasti siapakah pengarang kitab 'ngawur' ini. Namun dari sejumlah analisis tulisan dan latar belakang sejarah dalam kitab itu, Darmogandhul ditulis pada masa penjajahan Belanda.

    Penulis Darmogandul bukan orang yang tahu persis sebab-sebab keruntuhan Majapahit yakni Perang Paregreg yang menghancurkan sistem politik dan kekuasaan Majapahit, juga hilangnya pengaruh agama Hindu.

    Kitab Darmogandhul diduga hanya produk rekayasa sastra Jawa yang dipergunakan untuk kepentingan penjajah Belanda.

    BalasHapus
  19. klo mau tau sejarah yg pasti ada baiknya kita sendiri yg berkunjung ke zaman-zaman sejarah tsb melalui mesin waktu yg pastinya melalui mukjizat yg datangnya dari keridhoan Allah SWT demi mengungkapkan kebenaran dan kejujuran yg telah terjadi di massa lampau dan membawa bukti-bukti sejarah tsb ke masa kini agar menjadi bukti yg kuat bagi masyarakat saat ini. Allahualam. Amin Ya Rabbal Alamin. salam

    BalasHapus
  20. majapahit bisa di pelajari dari akhir jaman singasari ( 1222 ~ 1229) dan majapahit sendiri mulai dari tahun 1293 sampai 1500 an ...setiap serat mempunyai sedikit perbedaan dan cara pandang hal ini yang membuat kita bingung. seperti halnya tentang raden santri yang makamnya selalu ramai peziarah. begitupun emperium majapahit,banyak versi dan cerita. kita bisa jeli dengan merangkum berdasarkan tahun kejadian,silsilah dan hubungan sejarah dengan kejadian lain pada era yang sama.NB:untuk majapahit bisa di baca dari Negarakertagama, sutasuma, pararaton, kutaramanawa,sundayana(sub peristiwa bubat), panji wijayakrama dan tulisan dari dinasti china untuk sumbertulisan yg berasal dari ahli sejarah eropa menurut saya hanya berasal dari referensi tulisan/ serat diatas yang di bumbui politik untuk kepentingan bangsa mereka sendiri seperti serat Darmogandhul.

    BalasHapus
  21. Keturunan dari majapahit.. masih ada.. dlu stlh runtuh krn diserang dr kesultanan demak bintoro yaitu raden patah.. keturunan majapahit msh ada.. tp menyebar ke sluruh bumi nusantara ini.. ada yg keturunan dari permaisuri dan ada yg dr selir2 prabu wijaya... krn banyaknya istri2 prabu wijaya...

    BalasHapus

Silahkan anda meninggalkan komentar demi kemajuan dan perkembangan blog ini, mohon jangan melakukan spam ..... (pasti akan terhapus secara otomatis)

 
Toggle Footer