Breaking News
Loading...

SITUS CANDI KEDATON

Di antara sejumlah situs di Trowulan, Mojokerto, agaknya bentuk Candi Kedaton yang terletak di dusun Kedaton, Desa Sentonorejo, Trowulan, Mojokerto, yang terletak tidak jauh dari Pendopo Majapahit, merupakan situs yang masih misteri. Sampai sekarang, para arkeolog belum menemukan format dari Situs Kedaton yang juga memiliki sumur upas itu. Namun, beberapa bentuk bangunan situs itu diperkirakan berbentuk empat bangunan yang merupakan bentuk candi dengan sumur upas, makam, mulut gua dan lorong rahasia (sumur upas).

Foto di bawah ini menunjukkan lubang-lubang bekas makam yang ada di bagian atas candi datar.



Foto di bawah ini menunjukkan salah satu dari 5 (lima) temuan kerangka manusia di dalam  kompleks Candi Kedaton tersebut



Foto di bawah ini menunjukkan lubang makam yang berada di dekat sumur upas (lorong rahasia).


Foto di bawah ini menunjukkan tangga turun yang menuju gua (tempat pertapaan).


Foto di bawah ini menunjukkan jalan masuk menuju Goa (buatan) yang terkenal dengan sebutan Tunggul Wulung.


Foto berikut menunjukkan gambaran perihal situasi Goa

4 komentar:

  1. Dilihat dari kacamata batin, foto paling bawah lagi ada 'penunggu'nya ... orp nya muncul

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama seperti tulisan di laurentiadewi.com disitu tertulis bahwa penulis (laurentia) melihat sosok wanita berambut panjang dengan senyuman damai dan teduh...

      Hapus
  2. Candi Kedaton ini belum ditemukan bentuk aslinya seperti apa dan sedang dalam penggalian dan penelitian. Kira-kira bentuknya seperti apa ya ?
    Salam buat semua sesepuh Majapahit.

    BalasHapus

Silahkan anda meninggalkan komentar demi kemajuan dan perkembangan blog ini, mohon jangan melakukan spam ..... (pasti akan terhapus secara otomatis)

 
Toggle Footer