Breaking News
Loading...

SITUS CANDI SUROWONO

Candi Surowono terletak di Pare, ± 28 km, ± 50 menit dari kota Kediri. Bangunan candi merupakan hasil karya peninggalan sejarah sebagai tempat penyucian Raja Wengker, salah satu raja  bawahan pada masa pemerintahan Raja Hayam Wuruk dari Majapahit. Wisatawan dapat juga mengunjungi bangunan terowongan / sungai bawah tanah dengan aliran air jernih dan bercabang cabang yang terletak ± 100 meter dari bangunan Candi



Dibangun pada abad ke 15 Candi Surowono memiliki banyak keunikan, baik dari segi arsitektur maupun relief yang menggambarkan cerita Arjuna Wiwaha, Bubhuksah, Gagang Aking dan Sri Tanjung. Sayang bagian yang masih utuh dari candi ini hanya tinggal kaki dan tubuhnya. Bagian atap sudah rusakdan runtuh. Padahal candi ini di bangun dengan menggunakan batu andesit berpori dan bagian pondasinya menggunakan batu merah dengan orientasi arah menghadap ke barat.



Relief panil pada Candi Surowono

2 komentar:

  1. Ini candi yang berbahan dasar batu andesit ..., mantap ...

    BalasHapus
  2. Ada trowongan bawah tanahnya dengan air jernih yang mengalir....hmm sepertinya menarik untuk dikunjungi,

    BalasHapus

Silahkan anda meninggalkan komentar demi kemajuan dan perkembangan blog ini, mohon jangan melakukan spam ..... (pasti akan terhapus secara otomatis)

 
Toggle Footer