Majapahit Blog ASAL-USUL GAJAH MADA | Majapahit 1478 ASAL-USUL GAJAH MADA
Headlines News :
Home » » ASAL-USUL GAJAH MADA

ASAL-USUL GAJAH MADA

Lontar Babad Gajah Maddha, menguraikan perihal asal usul Mahapatih Gajah Mada, seorang Patih Amangkubhumi dari kerajaan Majapahit yang terkenal dengan Sumpah Palapa nya dalam usahanya mempersatukan seluruh wilayah Nusantara di bawah payung kerajaan Majapahit.

Ringkasan isi lontar tersebut adalah sebagai berikut  :

1. Pada Lontar Babad Gajah Maddha dikatakan bahwa orang tua Gajah Mada berasal dari Wilwatikta yang disebut juga Majalangu.
Disebelah selatan “Lemah Surat” terletak “Giri Madri” yang dikatakan berada dekat dengan Wilwatikta dikatakan hampir setiap hari Patni Nariratih pulang pergi dari Wilwatikta, mengantar makanan suaminya di asramanya di Giri Madri yang terletak disebelah selatan Wilwatikta. Hal ini berarti Giri Madri terletak disebelah selatan Lemah Surat dan juga disebelah Selatan Wilwatikta. Jarak antara Giri Madri dengan Wilwatikta dikatakan dekat. Tetapi jarak antara Lemah Surat dengan Wilwatikta begitu pula arah dimana letak Lemah Surat dari Wilwatikta tidak disebutkan dalam Babad Gajah Mada tersebut.


2. Babad Gajah Maddha menyebutkan tentang kelahiran Gajah Mada, ada kalimat yang berbunyi “On Cri Caka warsa jiwa mrtta yogi swaha” kalimat ini adalah candrasangkala yang bermaksud kemungkinan sebagai berikut:
On Cri Cakawarsa = Selamatlah Tahun Saka
Jiwa = 1 (satu)
mrtta = 2 (Dua)
Yogi = 2 (Dua)
Swaha = 1 (satu)
jadi artinya : Selamat Tahun Saka 1221 atau tahun (1299 Masehi).
Seandainya hal tersebut benar,  maka Mahapatih Gajah Mada dilahirkan pada tahun 1299 Masehi.

3. Mengenai nama Maddha disebutkan sebagai berikut:
Karena malu terhadap gurunya yakni : Mpu Ragarunting, begitu juga terhadap orang banyak, maka setelah kandungan Patni Nariratih membesar, lalu diajak ia oleh suaminya meninggalkan asrama pergi mengembara kedalam hutan dan gunung yang sunyi. Akhirnya pada suatu malam hari, waktu bayi hendak lahir,mereka berdua menuju kesebuah desa yang bernama Maddha terletak di dekat kaki gunung Semeru. Di desa itulah sang Bayi dilahirkan disebuah “Bale-Agung” yang ada di Kahyangan (pura/temple) desa tersebut. Bayi tersebut kemudian dipungut oleh seorang penguasa desa Maddha, kemudian dibawa ke Wilwatikta oleh seorang patih dan kemudian diberi nama Maddha. Jadi jika demikian halnya nama Maddha berasal dari nama desa Maddha yang terletak di kaki gunung Semeru. Hingga saat ini terdapat beberapa desa di kaki Gunung Semeru  yang mengindikasikan desa Maddha tersebut, yaitu Tamansatriyan, Wirotaman dan Kepatihan.

Nama Gajah oleh Babad Gajah Maddha sama sekali tidak disebutkan.kemungkinan besar nama gajah adalah nama julukan atau bisa juga nama jabatan (Abhiseka) bagi sebutan untuk orang kuat. Dengan demikian Gajah Mada berarti orang kuat yang berasal dari desa Maddha.

4. Mengenai nama orang tua Gajah Mada, ayahnya bernama Curadharmawyasa dan ibunya bernama Nariratih. Setelah mereka berdua disucikan ( menjadi pendeta) oleh Mpu Ragarunting di Lemah Surat, nama mereka berubah menjadi Curadharmayogi dan Patni Nariratih, mereka berdua kemudian menjadi brahmana.



Gajah Mada meninggal pada tahun Saka 1286 (1364 M) sebagaimana yang dituliskan dalam kakawin Negarakertagama pupuh LXXI/1 yang berbunyi : " .... tahun rasa (1286) beliau mangkat, baginda gundah terharu, bahkan putus asa, Sang dibyacita Gajah Mada cinta kepada sesama tanpa pandang bulu, insaf bahwa hidup ini tidak baka, karenanya beramal tiap hari".

Selanjutnya, apabila lontar Babad Gajah Maddha tersebut di atas benar, maka Gajah Mada meninggal dalam usia 65 tahun. 

Adapun didalam Babad Gajah Maddha kemudian menyebutkan bahwa Patni Nariratih bersenggama dengan Dewa Brahma yang berganti rupa seperti suaminya sehingga Gajah Mada seolah-olah dilahirkan atas hasil senggama antara Patni Nariratih dengan Dewa Brahma, akan diulas pada tulisan berikutnya.

Bersambung ...............

Share this article :

Copy Rights : Jerry Wong ~ Majapahit 1478 | Majapahit Blog

Majapahit 1478 Sobat sedang membaca artikel tentang ASAL-USUL GAJAH MADA. Oleh Admin Blog, Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini sepanjang hal tersebut memang berguna, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya

:: Get this widget ! ::

41 komentar:

  1. Posting yg bagus... Lanjutkan yaa.. ^_^

    Wilwatikta itu d mna yaa?,

    BalasHapus
  2. @Einid Shandy : Wilwatikta itu bahasa Sansekerta dari kata "Majapahit", letaknya di Trowulan, Kabupaten Mojokerto. Mainlah kau kesana ...

    BalasHapus
  3. Salut dengan Gajah Mada...
    trims ya gan karena lewat blog ini ane lebih mengenal dan lebih mengerti akan sejarah kerajaan terbesar di indonesia ini dan tau siapa Gajah mada... sukses ya gan atas infonya

    BalasHapus
  4. hmmm nice info
    jadi tau nih asal usul patih gajah mada :)

    BalasHapus
  5. makasi infonya nih.. jadi tahu. tapi saya rasa banyak yg kurang jelas,tapi ga papa lah lumayan.

    BalasHapus
  6. Maha Patih Gajah Mada yang nama aslinya Mpu Mada adalah sosok Maha Patih yang pemberani serta mampu mempersatukan seluruh wilayah Nusantara ini ke dalam pangkuan Kerajaan Majapahit.

    BalasHapus
  7. Thanks atas shering pengetahuannya sob,jadi banyak tahu tentang Patih Gajah Mada,pernah belajar disekolah tapi ga sekomplit ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mas bro ..... mari kita sama-sama belajar tentang sejarah Majapahit, belajar sejarah yang sebenar-benarnya berdasarkan sumber yang sahih atau valid .....

      Salam, rahayu, rahayu sagung dumadi.

      Hapus
  8. Semua ini hanya kemungkinan,karena pada lontar/babad GAJAH MADA tidak begitu lengkap Baca :1 .Jarak antara Giri Madri dengan Wilwatikta dikatakan dekat. Tetapi jarak antara Lemah Surat dengan Wilwatikta begitu pula arah dimana letak Lemah Surat dari Wilwatikta tidak disebutkan dalam Babad Gajah Mada tersebut
    2. Babad Gajah Maddha menyebutkan tentang kelahiran Gajah Mada, ada kalimat yang berbunyi “On Cri Caka warsa jiwa mrtta yogi swaha” kalimat ini adalah candrasangkala yang bermaksud kemungkinan ).

    Selanjutnya, apabila lontar Babad Gajah Maddha tersebut di atas benar, maka Gajah Mada meninggal dalam usia 65 tahun.

    BalasHapus
  9. kalo di cina banyak sekali situs kerajaan yang besar sampai sekarang,yang ingin saya tanyakan adakah situs peninggalan atau bekas kerajaan besar majapahit khususnya bekas keratonnya yang megah?pertanyaan itu yang selalu di dalam benakku,tolong dijawab

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada kekhawatiran tersendiri dari berbagai pihak, begini logikanya

      MAJAPAHIT adalah lambang persatuan dan kesatuan kerakyatan (ingat sasanti "BHINNEKA TUNGGAL IKA TAN HANA DHARMA MANGRWA"), sampai saat inipun masih banyak masyarakat yang mengagumi kebesaran dan kejayaan MAJAPAHIT. Bilamana Keraton MAJAPAHIT dimunculkan kembali, ada kekhawatiran dari berbagai pihak akan muncul semangat persatuan dan kesatuan kerakyatan yang baru (militansi baru), hal ini akan mengancam pihak-pihak yang sengaja menghancurkan atau mengaburkan sejarah MAJAPAHIT. Anda dapat membuktikannya sendiri dengan berkeliling di wilayah Trowulan. Di sana banyak terdapat situs-situs yang sengaja dibuat untuk mengaburkan sejarah Majapahit .......

      Salam, rahayu, rahayu sagung dumadi.

      Hapus
    2. betul,silahkan jalan2 kewilayah trowulan om suratno,nanti akan tahu peninggalan2 sejarah mojopahit,dan bekas tempat kerajaan,serta ada jg yg disebut sumur upas jg ada..membahas soal sumur upas sy jd inget cerita bpk sy blh cerita dikit ya mas jerry, ketika msh remaja,ketika itu bpk sy bersama adiknya,penasaran ingin tahu,krn rmh org tua sy ato rmh kakek sy ga begitu jauh dr trowulan yaitu didaerah GAYAMAN mojokerto,sore itu di bw sepeda ontel berboncengan dgn adiknya,kondisi sumur upas terletak ditengah sawah waktu itu,sesampainya di sumur upas bpk sy dan adiknya msk melewati kunpintu dpn,dan mencari tahu kondisi didlm,nah sampailah ketemu didlm ada sebuah sumur,lantas bpk mencari2 org ddlm kok ga ada satupun penghuninya,lantas bpk sy dan adiknya keluar dr ruangan tersebut dan mencari disekitar area sawah kemudian dia ketemu seseorg yg udah sepuh,kemudian bpk bertanya,krn rasa ingin tahu apa sebenarnya yg ada didlm bale2 tersebut,,ketika seseorg sepuh itu menghampiri pintu depan dia ngeluarin kunci yg ternyata pintu tersebut di gembok,alangkah kagetnya bpk sy,krn waktu tadi masuk pintu ga di gembokdan kebuka,lantas bpk bertanya pd pemegang gembok"loh mbah tadi ini pintu ga di gembok,dan sy bersama adik sy td msk kedalam.
      si mbah terkejut"loh nak ga mungkin pintu ini selalu terkunci,dan kunci mbah yg bwh,mbah disini sebagai penjaga ato juru kuncennya.
      bpk sy membantah,bener mbah sy td udah msk kdlm,makannya sy ingin tahu yg ddlm itu sebenernya itu apa kok ada sumur.
      mbah juru kuncen bilang,ya ya..berarti anak ini msh ada turunan ato darah dr kerajaan majapahit,krn siapapun bila dia msh ada turunan ato darah majapahit dia bs msk tanya membuka gembok ini,sahut si mbah,kemudian mrk bertiga msk kedlm,dan menceritakan isi yg ada dlm ruangan itu termasuk sumur upas tadi,dan pesarehan yg ada ddlm,kemudian bpk dan adiknya pamitan plg,dan mencari tahu lg pada org tuanya bpk alias kakek sy,disitulah kakek sy cerita byk tentang garis keturunan sy,keatasnya dan ada sisilahnya ntah siapa buyutku dan turunan keatasnya dl,tp sisilah itu lenyap entah kemana.waktu itu sempet ketemu tp lp lg nyimpenya.
      itulah seklumit cerita sejarah dr kel.sy.smoga suatu saat sy dpt menemukan sejarah kel sy,dan anehnya setiap sy ke mojokerto kel ato saudara tua disana selalu bilang"sempatkanlah main ketrowulan walau bagaimana asal usul kel kt dulu dr sana,begitulah pesan yg disampaikan. mksh sblmnya sy dpt menemukan blog ini matur nembah nuwun mas..

      Hapus
  10. saya beranggapan bahwa GAJAH MADA itu berasal dari luar pulau jawa. ini di karenakan nama MADA sampay hari ini belum pernah sy jumpai di sandang oleh kebanyakan suku Jawa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf Pak Joko, boleh saja anda beranggapan begitu, namun harus dibatasi sebagai PENDAPAT PRIBADI ....., silahkan bapak berkunjung ke daerah Tengger ...., bapak akan menemukan banyak keluarga yang masih memakai nama Madha sebagai nama fam .....


      Salam, rahayu, rahayu sagung dumadi

      Hapus
    2. Ya, benar. Kalau kabar yang saya tahu Gajah Mada itu berasal dari pedalaman Kalimantan Barat, Tepatnnya Kecamatan Tumbang Titi Kabupaten Ketapang. Karena antara Kerajaan Matan (sekarang Kabupaten Ketapang) mempunyai hubungan yang erat dengan Kerajaan Majapahit (Salah satu pangeran Kerajaan Majapahit menikah dengan Putri di Kerajaan Matan)

      Hapus
    3. Menurut cerita orang-orang tua di daerah saya, Patih Gajah Mada itu berasal dari Daerah Pedalaman Kalimantan Barat. Beliau menyeberang ke Pulau Jawa memang berniat ingin mengabdi pada Kerajaan Majapahit. Perlu diketahui bahwa Kerajaan Majapahit mempunyai hubungan yang sangat erat dengan Kerajaan Tanjung Pura (sekarang Kabupaten Ketapang) dimana salah satu pangeran dari Kerajaan Majapahit menikah dengan salah seorang Putri dari Kerajaan Tanjung Pura)

      Hapus
  11. Tertarik dengan jiwa kepahlawanan Patih GAJAH MADA yang telah menyatukan Nusantara,tapsir nya alasan menyatukan Nusantra,kemungkinan jalur perdagangan bangsa bangsa kala itu memang sudah ada seperti sekarng ini,dengan posisi Kerajaan Majapahit di Trowulan Mojokerto Jawa Timur,tanpa menguasai jalur perdagangan dari berbagai penjuru termasuk selat malaka yang sampai sekarang di anggap penting sebagai jalur perdagangan Internasional,niscaya Majapahit bisa berjaya di kala itu,seandai nya pantai sepanjang wilayah ACEH di kelola modereen yang berbasis tradisi adat istiadat Nusantara pasti tidak lama bisa mengalahkan kemakmuran Negara yang berada di seberang nya,Kalau Aceh masih bergolak sampai saat ini,karena banyak kepentingan dari banyak pihak untuk menguasai jalur paerdagangan yang sangat stategi ini,akir nya sepanjang waktu yang rugi masarakat Aceh sendiri,Majpahit melalui Patih Gajah Mada dengan sumpah nya Palapa,yang berarti agar kita bersatu tidak mudah di jajah bangsa asing secara pisik dan keyakinan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagaimana dengan kondisi saat ini .... ? Semangat persatuan dan kesatuan telah mulai luntur, hilang ditelan dengan apa yang di agung-agungkan dengan OTONOMI DAERAH. Inilah modus-modus pecah- belah yang disebut dengan PENJAJAHAN OLEH BANGSA SENDIRI ..... !!!


      Salam, rahayu, rahayu sagung dumadi

      Hapus
  12. silahkan berkunjung ke desa Madhakaripura, Kec. Lumbang Kab Probolinggo. semoga anda dapat menemukan jawaban detail dan suku Tengger yang masih menggunakan nama Madha sebagai nama fam nya. terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di akhir masa jabatannya Mpu Mada tidak lagi tinggal di lingkungan istana Majapahir, beliau menyepi dan mendiami suatu daerah yang bernama Madakaripura, hal ini diungkap dalam Kitab Negarakretagama (sebagai salah satu sumber sejarah Majapahit yang sahih).

      Salam, rahayu, rahayu sagung dumadi.

      Hapus
  13. sekedar info bahwa madha / mada, terdapat juga di lamongan tepatnya desa modo (gajah modo).
    monggo dilanjutkan dan dibahas serta diluruskan, matur suwun...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gajah Mada atau lebih tepat bernama Mpu Mada adalah Patih Amangkubhumi, dengan jabatannya tersebut dapat dipastikan beliau sering melakukan perjalanan kenegaraan, Lamongan adalah termasuk ke dalam wilayah kerajaan Majapahit, jadi besar kemungkinan di daerah tersebut terdapat jejak-jejak peninggalan Mpu Mada, salah satunya (mungkin) daerah Desa Modo tersebut. Hal ini mirip dengan air terjun Madakaripura di daerah Probolinggo.

      Salam, rahayu, rahayu sagung dumadi.

      Hapus
  14. ada yg tau gak ya,keris yg di bawa-bawa Kang Gajahmadha namanya apa ya?

    BalasHapus
  15. menurut saya gajah mada berasal dari lampung mengingat nama gajah dan gada yg berasal dri bhasa lampung,kita hanya bsa mnduga2 karna sejarah yg tertinggal tdk lengkap.

    BalasHapus
  16. bukankah ibu gajah mada berasal dari kerinci yang terdapat dalam buku tulisan jawa kuno dalam tulisan itu menyatakan bahwa putri dayang rawani menikah dengan diwan abdul rahman yang berasal dari kerajaan mataram

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sumbernya masih perlu ditelusuri kebenarannya, karena menilik nama yang ada (Diwan Abdul Rahman) tersebut masih cukup meragukan. Sekedar tambahan, pada jaman Majapahit belum ditemukan nama semacam Abdul Rahman. Trims.

      Hapus
    2. Buat rekan2 semua nya,kalau saya tapsirkan asal usul gaja kalau di lihat dari arti bahasa nama gaja mada itu berasal dari NTB tepat nya di bima(kota bima) menggapa saya bilang dari bima kraena kata MADA itu arti nya saya.dan menurut cerita yang pernah saya dengar nama GAJA MADA itu terjadi kerna ada nya dialok antara pimpinan perang pada jaman dulu itu antar seseorang pemuda yang berbadan besar ,pada saat itu pemudah tersebut tidak di ketahui nama nya,sehingga pemimpen itu memangil pemuda tersebut dengan panggilan GAJA karerna badan besar...pemuda itu pun heran, siapa yang di panggilnya,krn tdk ada yg menjawab sehingga pemuda itu menjawab kata MADA yang artinya saya dalam bahasa bima(mbojo) sehingga pemudah itu karena tdk di tahu nama nya maka dipanggil GAJA MADA,mungkin itu seklumit cerita dari sy tentang asal usul gaja mada,ini cuma sebuah cerita ,kepastian nya belum bisa di pastikan,,,

      Hapus
  17. kalau di daerahku
    Palapa itu bahasa daerah kami
    Artinya menyatukan
    Bahasa MUNA

    BalasHapus
  18. Gajah mada bahasa minangnya ''gajah bandel/tangguh''

    BalasHapus
  19. sip infonya,saya tunggu yg lain nya..hehe

    BalasHapus
  20. Sampai manakah patih gajah mada brtempur...dan apa alasan belanda menolak ajuan soekarno jika indonesia merdeka bkan karna jajahan belanda melainkan jajahan dri majapahit...

    BalasHapus
  21. Negara mna yg pernah dijajah gajah mada... apa benar dlu malaysia tempat istirahatnya gajah mada... dan apa alasan belanda menolak ajuan sokarno bahwa indonesia merdeka bkan dri jajahan blanda tpi indo merdeka atas jajahan mjapahit... seandanya indonesia merdeka atas jajahan mjapahit apa yg terjadi min

    BalasHapus
  22. Bagaimana mengenai isu makam gajah mada yg berada di semanding tuban,apakah benar atau hanya isu/perkiraan saja??

    BalasHapus
  23. Gajah mada dari salah satu kerajaan kecil di kerajaan gowa sulawesi selatan...yaitu desa jipang(arya jipang) dan desa majapahit...itulah bukti sejarah bahwa gajah mada dari kerajaan gowa sulawesi selatan

    BalasHapus
  24. Assalamualaikum...gajah mada berasal dan lahir dari salah satu desa di kerjaan gowa sulawesi selatan bagian timur indonesia...salah satu bukti sejarah bahwa gajah mada dari kerjaan gowa sulawesi selatan dgn adanya nama desa di kerajaan gowa sulawesi selatan dgn nama desa majapahit dan desa jipang(arya jipang) dan banyak bukti2 sejarah lainnya yg membenarkan bahwa mahapati gajah mada berasal dari kerajaan gowa sulawesi selatan, lebih jelasnya bisa di buktikan dgn mendatangkan ahli sejarah ke kerajaan gowa...demikian wassalam

    BalasHapus
  25. Mada klo bahasa bimanya adalah saya bahasa halus , berhubung dikitab kertagama disebut juga bima dompu dan sangyiang yg ada dibima sepertinya perlu didalami lagi sejarah tentang gajah mada

    BalasHapus
  26. Perlu didalami lagi sejarah tentang gajah mada mengigat di kitab negarakertagama disebut juga tentang bima , dompu dan sangyang yg ada dibima serta kaitan MADA yg artinya saya dalam bahasa bimanya serta Raja pertama bima batara indra bima. Dan disebut didalam kitab prapanca gajah mada berasal dari kerajaan Daha dan daha itu ada di wilayah dompu

    BalasHapus

Silahkan anda meninggalkan komentar demi kemajuan dan perkembangan blog ini, mohon jangan melakukan spam ..... (pasti akan terhapus secara otomatis)

Komentar

 
Support : Cara Gampang Blog | Majapahit Blog
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2013. MAJAPAHIT 1478 - All Rights Reserved
Majapahit 1478
Original Design by Creating Website Last Modified by : Johan Purnomo