Majapahit Blog MAJAPAHIT BAHANA NUSANTARA | Majapahit 1478 MAJAPAHIT BAHANA NUSANTARA
Headlines News :
Home » » MAJAPAHIT BAHANA NUSANTARA

MAJAPAHIT BAHANA NUSANTARA

Majapahit kadang disanjung, Majapahit kadang dihujat, Majapahit bahan perdebatan, Majapahit dicaci-maki dan Majapahit dirindukan kemunculannya.
Yah ...., inilah kondisi masyarakat kita sekarang ini, mengagungkan pola pikir pragmatis tanpa pernah berpikir siapa yang pertama-tama memunculkan konsep persatuan Nusantara yang pada akhirnya dapat mempersatukan seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia ini (yang notabene terpisahkan oleh banyak lautan, berbagai budaya dan bahasa daerah). Pola pikir mengagung-agungkan budaya import telah mulai merambah setiap segi kehidupan bangsa ini, generasi muda lebih banyak disuguhi budaya-budaya manca-negara sehingga lambat laun akan melupakan budaya asli bangsa ini. Dan inilah bibit-bibit kehancuran bangsa Indonesia. Pancasila sebagai dasar negara dan dasar persatuan bangsa sepertinya hanya tinggal hiasan buah perjuangan pendahulu-pendahulu bangsa ini. Ironinya, banyak diantara anak negeri ini yang sama sekali telah melupakan Pancasila sebagai dasar bernegara dan bermasyarakat. Kepentingan-kepentingan kelompok dan golongan menjadi hal yang utama.

Bertepatan dengan peringatan hari lahirnya Pancasila pada tanggal 01 Juni 1945, maka kami mengajak segenap unsur anak bangsa ini untuk kembali berpikir tentang pentingnya persatuan dan kesatuan Nusantara demi terciptanya Indonesia Baru yang madani, dengan tetap berpegang teguh kepada slogan Bhinneka Tunggal Ika Tan Hana Dharma Mangrwa dan Mitreka Satata (teman itu sederajat) kita tingkatkan kesadaran dan kecintaan terhadap budaya bangsa kita sendiri yang luhur, demi menunjukkan jati diri bangsa yang besar dan heterogen.
Oleh karenanya dalam kerangka berpikir tersebut di atas, maka berikut ini kami persembahkan beberapa lagu-lagu daerah (yang telah dimodernisasi) demi menggugah semangat kebangsaan kita serta mengingatkan kepada generasi muda, betapa indahnya budaya bangsa kita. Adapun lagu-lagu daerah tersebut adalah   :
  1. Lir - Ilir 
  2. Kicir - kicir
  3. Ayam den lapeh
  4. Tokecang
  5. Angin Mamiri
  6. Gamelan
Anda dapat langsung mendownload ke lima lagu tersebut secara gratis, lagu-lagu di atas dikemas dalam format mp3 yang apik. Kami berharap semoga setelah mendengarkan lagu-lagu tersebut semangat persatuan, kesatuan dan kebanggaan akan budaya bangsa sendiri menjadi lebih meningkat serta tidak lagi mengagung-agungkan budaya import.


Dalam rangka memperingati hari lahir Pancasila dengan sasanti Bhinneka Tunggal Ika, maka blog Majapahit 1478 ini akan menganugerahkan sebuah award, yang kami beri nama "MAJAPAHIT BAHANA NUSANTARA". Award ini akan dianugerahkan kepada rekan-rekan blogger yang secara sadar dan ikhlas bersedia memasang Video musik "Majapahit for peace" (di bawah ini) pada blog atau websitenya masing-masing.



Video musik Majapahit for peace


Kode pemasangan Video musik tersebut adalah : <iframe allowfullscreen="" frameborder="0" height="250" src="http://www.youtube.com/embed/o2GaBtvImVQ" title="YouTube video player" width="360"></iframe>

AWARD "MAJAPAHIT BAHANA NUSANTARA"


Award Majapahit Bahana Nusantara ini dikeluarkan semata-mata sebagai peringatan akan munculnya sasanti Bhinneka Tunggal Ika yang sebenarnya adalah diadopsi dari sasanti jaman kerajaan Majapahit yang secara lengkap berbunyi Bhinneka Tunggal Ika Tan Hana Dharma Mangrwa.

Penerima award Majapahit Bahana Nusantara ini untuk pertama kalinya adalah :

  1. Blog Bunga Majapahit
  2. Blog Info Majapahit
Semoga penyerahan award ke dua dari blog Majapahit 1478 ini dapat mempertinggi serta mempertebal kadar kecintaan kita kepada khazanah budaya asli bangsa sendiri.


Share this article :

Copy Rights : Jerry Wong ~ Majapahit 1478 | Majapahit Blog

Majapahit 1478 Sobat sedang membaca artikel tentang MAJAPAHIT BAHANA NUSANTARA. Oleh Admin Blog, Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini sepanjang hal tersebut memang berguna, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya

:: Get this widget ! ::

3 komentar:

  1. Marilah memperingati hari lahirnya PANCASILA...

    Salam!!

    BalasHapus
  2. Terkadang kita yang sudah dewasa disuruh mengucapkan ke 5 sila tersebut masih salah2.....hehhee, artinya makna yang terkandung didalamnya sudah banyak terlupakan.

    BalasHapus

Silahkan anda meninggalkan komentar demi kemajuan dan perkembangan blog ini, mohon jangan melakukan spam ..... (pasti akan terhapus secara otomatis)

Komentar

 
Support : Cara Gampang Blog | Majapahit Blog
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2013. MAJAPAHIT 1478 - All Rights Reserved
Majapahit 1478
Original Design by Creating Website Last Modified by : Johan Purnomo