Majapahit Blog MAJAPAHIT : BHINNEKA TUNGGAL IKA | Majapahit 1478 MAJAPAHIT : BHINNEKA TUNGGAL IKA
Headlines News :
Home » » MAJAPAHIT : BHINNEKA TUNGGAL IKA

MAJAPAHIT : BHINNEKA TUNGGAL IKA

Majapahit dengan konsep Negara Kesatuan-nya telah diuraikan dalam artikel terdahulu, motivasi menuju Negara Kesatuan versi Majapahit ini adalah berkat Sumpah Palapa yang diucapkan oleh Mahapatih Gajah Mada. Selanjutnya dalam artikel ini akan sedikit diuraikan fakta-fakta negara kesatuan dengan falsafah Bhinneka Tunggal Ika yang terdapat di dalam lingkungan kota raja Majapahit.

Adalah kitab (kakawin) Sutasoma gubahan Mpu Tantular yang ditulis pada masa keemasan kerajaan Majapahit di bawah pemerintahan raja Sri Rajasanagara (Dyah Hayam Wuruk),  yang diperkirakan ditulis antara tahun 1365 M hingga 1389 M, dan merupakan kakawin yang lebih muda dibandingkan dengan kakawin Negarakertagama.

Dari uraian yang terdapat dalam kakawin Sutasoma inilah diperoleh sasanti Bhinneka Tunggal Ika yang lengkapnya adalah Bhinneka Tunggal Ika tan hana dharma mangrwa. Sasanti tersebut berasal dari pupuh 139 bait yang ke 5, yang isi lengkapnya adalah seperti di bawah ini.


Majapahit 1478

Uraian lebih lengkap ada di sini.

Share this article :

Copy Rights : Jerry Wong ~ Majapahit 1478 | Majapahit Blog

Majapahit 1478 Sobat sedang membaca artikel tentang MAJAPAHIT : BHINNEKA TUNGGAL IKA. Oleh Admin Blog, Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini sepanjang hal tersebut memang berguna, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya

:: Get this widget ! ::

7 komentar:

  1. Bhinneka Tunggal Ika, slogan persatuan dan kesatuan yang hampir hilang saat ini....

    BalasHapus
  2. Mudah mudahan slogan tersebut masih ada sekarang...berbeda beda tetapi tetap satu jua, dipelajaran SD sudah ada tuh,

    BalasHapus
  3. Semoga rakyat Indonesia tidak lupa dengan slogan ini

    BalasHapus
  4. Bhineka Tunggal Ika Tan Hana Dharma Mangrwa, berasal dari kitab Sutasoma (jaman Majapahit) yang mampu mempersatukan wilayah Nusantara menuju kejayaan Majapahit. Semoga pengalaman bernegara ini tidak hilang di masa sekarang ini.

    BalasHapus
  5. Sasanti Bhinneka Tunggal Ika yang terpampang pada lambang Negara kita .... salam.

    BalasHapus
  6. thanks infonya bermanfaat, salam sukses.

    BalasHapus
  7. Konsep Bhinneka Tunggal Ika telah terbukti mengantarkan kerajaan Majapahit menjadi kerajaan yang besar dan tangguh...

    BalasHapus

Silahkan anda meninggalkan komentar demi kemajuan dan perkembangan blog ini, mohon jangan melakukan spam ..... (pasti akan terhapus secara otomatis)

Komentar

 
Support : Cara Gampang Blog | Majapahit Blog
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2013. MAJAPAHIT 1478 - All Rights Reserved
Majapahit 1478
Original Design by Creating Website Last Modified by : Johan Purnomo