Breaking News
Loading...

OPTIMASI BLOG SESUAI DENGAN ALGORITMA GOOGLE PENGUIN

Majapaahit 1478MAJAPAHIT 1478. Pusing juga menghadapi amukan si Google Penguin yang menyepak, menerjang ke sana kemari tanpa kenal ampun. Belum lagi perolehan hasil SERP yang berubah-ubah sehingga kadang membuat malas dan jenuh untuk berkegiatan di dunia blogging. Namun, aku tidak mau patah semangat, the show must go on, pada akhirnya nanti pasti akan berbuah kebaikan.

Pada kesempatan ini aku hanya ingin berbagi kepada sobat blogger semua tentang optimasi blog sesuai dengan algoritma Google Penguin, sebuah algoritma Google yang diklaim lebih kejam dari pendahulunya si Google Panda. Oke tanpa berpanjang kata, berikut ini adalah beberapa cara optimasi blog tersebut  :

1. Jangan mengulang keyword pada judul
Pada saat membuat judul postingan untuk konten blog, jangan melakukan pengulangan keyword pada judul artikel. Selain itu judul konten harus deskriptif dan mampu menjelaskan mengenai apa isi konten yang disampaikan.

Contoh:
Cara membuat jus | Cara membuat jus yang enak
Jadi sebaiknya gunakan salah satu saja yang lebih spesifk yaitu:
Cara membuat jus yang enak

2. Jangan Manipulasi Internal Link
Jangan membuat ancor teks (internal link) yang berbeda-beda tapi menuju satu halaman/link yang sama atau menuju ke satu halaman postingan blog. Hal ini dapat berakibat dicap spamming oleh si Penguin. Selain itu jangan pula  menyertakan link yang kurang relevan.

3. Jangan mempergunakan Footer Link yang berlebihan

Hindari menyimpan link pada footer setiap postingan blog yang berlebihan sifatnya. Defaultnya mungkin link menuju home saja atau bisa ditambahkan link ke postingan blog yang lainnya (yang berthema sama atau hampir sama).

4. Jangan membuat konten blog yang bertujuan menipu seacrh engine
Biasanya seperti plugin auto generated dari refferer search engine, bisa menggunakan kode tertentu atau dari plugin tertentu, kemudian menampilkan hasil record tersebut pada konten blog yang kita miliki.

Hal ini contohnya seperti yang dapat dilakukan oleh plugin STT2, namun hal ini  bukan berarti plugin STT2 itu berbahaya loh. Bilamana kita dapat menggunakannya secara bijaksana dan terukur, hal ini tidak akan menjadi masalah.

5. Jangan mencari backlinks dari website/blog yang terkena pinalti
Hati-hati membangun backlinks
! Jangan sampai blog kita mendapatkan backlinks dari situs-situs yang terkena pinalti oleh google. Backlinks yang baik itu adalah yang berasal dari orang/blog/web yang merekomendasikan blog kita, bukan dari article directory, link signature forum, link dari komentar dan lain-lain, terutama yang berbau auto link.

6. Jangan Membangun backlink dengan kata kunci yang mirip
Hindari membuat backlink dengan kata kunci yang mirip namun menuju ke halaman postingan blog yang berbeda.

7. Jangan membuat density keyword yang berlebihan
Hindari density keyword yang terlalu banyak. Kalau menurut plugin easy wp seo, density keyword direkomendasikan 2-4%, namun sebaiknya jangan dipaksakan. Terlalu banyak keyword bisa-bisa dianggap spamming sama si Google Penguin.

Demikianlah uraian aku tentang Optimasi blog sesuai dengan algoritma Google Penguin, semoga bermanfaat.

1 komentar:

  1. Informasi dan tutorial yang mantap mas bro, terima kasih telah berbagi tentang optimasi blog yang sesuai dengan algoritme Google Penguin ini.
    Salam blogger persahabatan.

    BalasHapus

Silahkan anda meninggalkan komentar demi kemajuan dan perkembangan blog ini, mohon jangan melakukan spam ..... (pasti akan terhapus secara otomatis)

 
Toggle Footer